Senin, 28 Juli 2014

Alam Semesta Yang Luas

     Jumlah galaksi sangat banyak. Tiap galaksi adalah kumpulan bintang, gas, dan debu yang luar biasa luas. Mereka tersebar diseluruh ruang angkasa, dengan ruang kosong yang memisahkan antara satu galaksi dengan galaksi lainnya. Galaksi bagaikan pulau-pulau terpencil di alam semesta luas.

A.PULAU DILUAR ANGKASA

     Ukuran galaksi sangatlah besar dan terdiri dari miliaran bintang. Sejumlah besar galaksi tergabung dalam suatu gugus (cluster). Beberapa gugus tergabung dalam gugus super (Supercluster). Diantara setiap gugus super, gugus galaksi, dan galaksiada ruang kosong yang amat luas.

Bintang :
Galaksi :
Gugus Galaksi :
Gugus Super :






B.BENTUK GALAKSI

     Bintang dan benda angkasa lain berada dalam suatu orbit yang sama karena pengaruh gravitasi. Posisi bintang-bintang pada orbit menyusun bentuk galaksi. Beikut ini adalah beberapa bentuk-bentuk galaksi :

1.Galaksi Elips :
     Salah satu contoh galaksi elips adalah galaksi M87, salah satu galaksi yang paling terang. Galaksi ini terletak dalam Gugus Virgo. Gugus ini terdiri dari lebih dari 2.000 galaksi, dan lebarnya sekitar 10 juta tahun cahaya. Galaksi ini berbentuk bola.
2.Galaksi Spiral berjajar :
     Salah satu galaksi spiral berjajar adalah galaksi NGC 1300, lebarnya 85.000 tahun cahaya.
 3.Galaksi Spiral :
     Salah satu contoh galaksi spiral adalah galaksi Whirlpool. Ada banyak bintang di antara lngan-lengannya, namun tertutup sinar terang dari lengan itu sendiri. Galaksi Spiral berbentuk datar dengan bagian pusat cembung serta lintasan bintang mengarah kebagian luar.
4.Galaksi Acak :
     Salah satu contoh dari galaksi acak adalah galaksi NGC 7673. Berjarak 150 juta tahun cahaya dari Bumi. Seperti galaksi irreguler lainnya, galaksi ini sangat kaya akan gas dan debu, serta aktif memproduksi bintang-bintang baru.






C.UKURAN ALAM SEMESTA

     Satuan ukur yang digunakan dibumi tidak cukup mewakili jarak di alam semesta. Ukuran jarak dialam semestammpunyai satuan yang disebut TAHUN CAHAYA. Satu tahun cahaya sama dengan 9,46 triliun km, yaitu jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun. Jadi, kecepatan cahaya adalah 299.792 km/detik. Ini kecepatan yang luar biasa, karena cahaya bergerak lebih cepat dari apapun dialam semesta. Galaksi Whirlpool jaraknya sekitar 25 juta tahun cahaya, tentu lebih mudah daripada menyebut jarak aslinya 236.500.000.000.000.000.000 km.



  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar